Selasa, 10 April 2012

Yuk bikin Osiloskop sendiri dengan Laptop lewat Connector Microphone

Sumber Link : http://www.saft7.com/bikin-oscilloscope-pakai-laptop
Untuk lebih detailnya bisa membaca link yang saya kasihkan di atas. Tulisan di bawah, hanya rangkuman dari artikel link di atas.

Rangkaian :


Dan untuk softwarenya bisa download disini ....
http://www.ziddu.com/download/19110450/ZELSCOPE_1.05.zip.html

Contoh penampakan hasilnya dengan tegangan dari signal generator sinusoidal.


atau
http://www.zeitnitz.de/Christian/scope_en
Contoh penampakan hasilnya dengan tegangan dari signal generator sinusoidal.



atau bagi yang ingin membuat softwarenya sendiri dengan DELPHI, Visual Basic, Visual C atau lainnya, bisa download file *.dll nya di sini : http://www.oscilloscope-lib.com/

(jika link-nya mati bisa ditanyakan langsung ke trigas.badmianto@yahoo.com atau YM : bhadmianto@yahoo.com)

Kelemahan dari penggunaan sound card sebagai osiloskop antara lain :
1. Dari hasil eksperimen penulis, hanya bisa menampilkan sinyal yang mempunyai frekuensi dan tidak bisa menampilkan sinyal DC. Jadi ada semacam filter HPF (High Pass Filter), meneruskan frekuensi tinggi. Untuk sinyal DC dibuat menjadi 0 Volt ...

Semoga bermanfaat ... !!!




id=

4 komentar:

PUTHUT AL KHAWARITSMI mengatakan...

pak saya mahasiswa Teknik Sistem dan Pengaturan Elektro ITS yang dulu ke VEDC betulin injektor di VEDC,
kalau boleh tau, judul tugas akhir bapak dulu apa ya? buat referensi,
terima kasih,

TRIGAS mengatakan...

Maaf ya baru balas... judul TA : DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENGATURAN KECEPATAN SPARK-IGNITION ENGINE DENGAN SEQUENTIAL FUEL INJECTION PADA TOYOTA KIJANG 1300 CC MENGGUNAKAN LOOK UP
TABLE BERBASIS MIKROKONTROLER
MCS51

www.ahmad nurkholik blogspot.co.id mengatakan...

selamat pagi pak trigas...
bagaimana kabarnya bapak?
saya ahmad nurkholik dari Politeknik Negeri MAlang Jurusan Teknik Mesin Prodi D4 Otomotif Elektronik.
dan alhamdulilah suatu kebanggan yang sata rasakan karna pernah berkesempatan untuk PKL di Dept.ototronik VEDC-malang.
(masih ingat kah pak..?hee...)

alhmdulilah bapak,saya sekarang sudah semester akhir dan akan melaksanakan Tugas Akhir/Skripsi.
dan saya mempunya rencana untuk mengangkat satu topik yang mungkin belum pernah diangkat sebagai judul TA di Poltek, yaitu tentang sistem pengapian distributorless.

rencana saya, ingin menerapkan sistem pengapian distributorless tersebut ke konvensional gasoline engine.
terus terang, dengan berbagai kekurangan pengetahuan tentang sistem elektronik saya merasa bingung untuk bagaimana membuat sistem pengapian elektronik distributorless yang hanya menggunakan sensor crank dan sensor cam.

oleh karena itu, saya berharap bapak memberikan masukan kepada saya demi kelancaran pembuatan tugas akhir ini.

selain itu, saya berharap suatu saat nanti bapak bisa memberikan informasi kepada semua orang tentang bagaimana pembuatan sistem pengapian elektronik distributorless.

terimakasih pak.

Unknown mengatakan...

Pak.aku kudu piye iki?

Posting Komentar