Selasa, 27 April 2010

Piggyback yang Gampang dan Murah ... (Bagian 4)

Dilanjutkan lagi ya, tentang Schematic dan board yang siap untuk dijadikan rangkaian di PCB. Schematicnya seperti di bawah ini, hanya saja agak sedikit direvisi dari schematic yang lalu. Tetapi pada prinsipnya masih sama. Hanya ada tambahan kapasitor dan konektor.

tambahan : untuk R4 sebaiknya diganti menjadi 680 Ohm jika menggunakan yang 0.25 Watt.

Dari schematic di atas bisa dibuatkan gambar board (*.brd) yang siap untuk dicetak di PCB, seperti pada gambar dibawah :
File *.brd yang sudah terdownload hanya bisa dibuka dengan software eagle. Software ini bisa didownload di sini.
Kurang lebihnya kalo rangkaian yang dibuat sudah terintegrasi akan nampak seperti gambar 3D di bawah.
Semoga bermanfaat ...
(masih ada sambungannya lagi ya....  karena beberapa hari yang lalu ada yang nanya, apa rangkaian ini bisa dipakai untuk membuat semprotan bensin yang lebih sedikit om ?...)
Untuk menjawab itu ditunggu dulu ya tulisan selanjutnya ...

8 komentar:

RV 46 mengatakan...

salam mas bro..sebelumnya thx bgt atas infonya saya udah coba bikin rangkaian ini n dicoba dipasang di motor vixion..saya pasang di map sensor yg jadi pertanyaan :
1. kenapa di komponer R4 dan D3 ( input 12 V ) jadi panas sekali ?? apa ada yg salah sama rangkaianya ??
2.tegangan out ( yg menuju ECU ) harus di set brapa supaya suply bbm ketika akslerasi ??
3.saya coba test dyno yg ada nilai AFR-nya ternyata maping AFRnya polanya gak bisa bergeser dari : Lean di Rpm bawah( nilai AFR diatas 15 : 1 )- ideal ditengah ( 12,xx-13 ) n- rich bgt di atas ( > 11 : 1 ) ..apakah untuk Rpm bawah itu bisa dirubah jadi lebih rich lagi da dikurangi dikit di Rpm atas??
tRIMS MAS BRO..

TRIGAS mengatakan...

untuk RV 46 :
1. Komponen R4 panas karena memakai resistor 50 Ohm di bawah 2 Watt. Lebih amannya R4 diganti saja dengan 680 Ohm, 0.25 Watt, supaya arus di R4 dan D3 yg lewat jadi lebih kecil. Selama tegangan antara titik (R4-D3) konstan sekitar 3,9 Volt, tidak bermasalah.

(2,3). Sebaiknya data tegangan map dilihat dan dikirim kesini ya, tegangan map ktk rpm rendah dan tinggi (rpm stabil tanpa beban). Kalau pakai dinotest pastinya bisa dikasih pembebanan juga, sekalian dikirim juga datanya, biar bisa kita analisa bersama. Pada mobil toyota, tegangan map pd rpm rendah & tinggi nilainya sama (rpm stabil/tanpa pembebanan), sesuai tulisan di "Piggyback yang gampang dan murah ... (BAGIAN 2)".

Kelihatannya untuk vixion tsb ketika rpm semakin naik, maka semakin naik pula tegangan map (rpm konstan/tanpa pebebanan/pembebanan tetap).

note : btw, masih pakai setting-an x1=1.7,y1=1.7,x2=3.4 dan y2=3.6 ? atau sudah dirubah ?

pai2041 mengatakan...

maaf mas mau tanya...
ada schematic ECu vixion ga??
kalau saya mau buat tapi ga tau schematic ecu vixion kan saya ga tau itu harus saya hubungkan ke mana...
terima kasih..

Anonim mengatakan...

enaknya sebelum R4 dipasang TR7812

mr.X mengatakan...

mas, file BRDnya nggk bisa di download. boleh diupload ulang ? trims

Prasasty mengatakan...

Mas boleh minta rincian nama bahan bahannya...

Prasasty mengatakan...

Mas boleh minta rincian nama bahan bahannya...

bungyudha mengatakan...

kok link nya bermasalah gan?

Posting Komentar