Aku lahir di desa kecil yang penuh nostalgia di masa kanak-kanak bermain, tepatnya sekitar 25 km ke arah timur dari kota tempat kelahiran presiden pertama kita pak Soekarno, Blitar, Ngambak, kecamatan Wlingi, Blitar, Indonesia. Temen-temen se-desa biasa memanggilku sebutan Igas. Ada juga yang manggil lengkap "Trigas". Nama lengkap pemberian dari orang tuaku adalah "Trigas Badmianto", nama yang aneh bin unik kalau di sini ya...he..he.. Nama yang membuatku selalu bangga untuk menyematkannya di dadaku. Nama yang mempunyai makna dan penuh doa untukku.
TK Pertiwi adalah nama sekolahku pertama kali. Di tempat ini aku mulai kenal dengan dunia pendidikan. SDN Beru 1, SMPN 1 Wlingi, dan SMAN 1 Talun adalah nama sekolah tempat aku mengenyam pendidikan sebelum masuk di dunia perkuliahan. Syukur alhamdulillah, dengan modal seadanya bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi (UMPTN) tahun 1999 dan akhirnya bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi di UGM jurusan Teknik Geologi di Yogyakarta. Karena suatu hal, kesempatan mengenyam pendidikan di kampus tertua tersebut terbatas hanya dalam rentang waktu selama satu semester saja. Dengan "bondo nekat" mencoba mengikuti ujian UMPTN lagi. Persiapan ujian UMPTN dilakukan secara mandiri tetap di Yogyakarta, tepatnya di kost-kostan daerah Blimbing Sari (Ledokan City, nama julukan yang kami sematkan untuk daerah tersebut), tentunya dengan mengorbankan waktu perkuliahan semester dua. Pada waktu inilah aku benar-benar merasa mendapatkan ujian terbesar, sendirian, jauh dari keluarga (karena memang maksud hati supaya keluarga tidak mengetahui kondisiku saat itu), dan pertama kalinya harus bisa memutuskan sesuatu yang sangat penting yang akan mempengaruhi kehidupanku ke depannya. Beberapa teman sempat menyayangkan keputusan yang aku ambil, karena sebenarnya nilai hasil studi selama satu semester bisa dibilang bagus. Alhamdulillah akhirnya lolos juga UMPTN keduaku tersebut dan diterima di perguruan tinggi teknik di Surabaya, ITS namanya, masuk di jurusan Teknik Elektro dengan bidang studi Control System Engineering (Teknik sistem Pengaturan) ITS. Diakui sebagai mahasiswa ITS angkatan tahun 2000 dan lulus pada bulan Maret 2005.
Tahun 2005 setelah lulus kuliah, resmi menjadi pegawai kontrak sebagai instruktur di instansi pemerintah di bawah Departemen Pendidikan Nasional, PPPPGT/VEDC Malanng. Saat ini aku bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di salah satu instansi di bawah Departemen Pendidikan Nasional, tepatnya di PPPPTK/VEDC Malang, Jawa Timur. PPPPTK singkatan dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Ada beberapa PPPPTK di Indonesia, dinamakan berdasarkan bidang kerja masing-masing dari setiap P4TK. Meskipun pada kenyataannya, banyak bidang lain selain otomotif dan elektronika yang sudah ada dan berkembang di dalam instansi ini sebelum diberi nama P4TK.
TK Pertiwi adalah nama sekolahku pertama kali. Di tempat ini aku mulai kenal dengan dunia pendidikan. SDN Beru 1, SMPN 1 Wlingi, dan SMAN 1 Talun adalah nama sekolah tempat aku mengenyam pendidikan sebelum masuk di dunia perkuliahan. Syukur alhamdulillah, dengan modal seadanya bisa lolos ujian masuk perguruan tinggi (UMPTN) tahun 1999 dan akhirnya bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi di UGM jurusan Teknik Geologi di Yogyakarta. Karena suatu hal, kesempatan mengenyam pendidikan di kampus tertua tersebut terbatas hanya dalam rentang waktu selama satu semester saja. Dengan "bondo nekat" mencoba mengikuti ujian UMPTN lagi. Persiapan ujian UMPTN dilakukan secara mandiri tetap di Yogyakarta, tepatnya di kost-kostan daerah Blimbing Sari (Ledokan City, nama julukan yang kami sematkan untuk daerah tersebut), tentunya dengan mengorbankan waktu perkuliahan semester dua. Pada waktu inilah aku benar-benar merasa mendapatkan ujian terbesar, sendirian, jauh dari keluarga (karena memang maksud hati supaya keluarga tidak mengetahui kondisiku saat itu), dan pertama kalinya harus bisa memutuskan sesuatu yang sangat penting yang akan mempengaruhi kehidupanku ke depannya. Beberapa teman sempat menyayangkan keputusan yang aku ambil, karena sebenarnya nilai hasil studi selama satu semester bisa dibilang bagus. Alhamdulillah akhirnya lolos juga UMPTN keduaku tersebut dan diterima di perguruan tinggi teknik di Surabaya, ITS namanya, masuk di jurusan Teknik Elektro dengan bidang studi Control System Engineering (Teknik sistem Pengaturan) ITS. Diakui sebagai mahasiswa ITS angkatan tahun 2000 dan lulus pada bulan Maret 2005.
Tahun 2005 setelah lulus kuliah, resmi menjadi pegawai kontrak sebagai instruktur di instansi pemerintah di bawah Departemen Pendidikan Nasional, PPPPGT/VEDC Malanng. Saat ini aku bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di salah satu instansi di bawah Departemen Pendidikan Nasional, tepatnya di PPPPTK/VEDC Malang, Jawa Timur. PPPPTK singkatan dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Ada beberapa PPPPTK di Indonesia, dinamakan berdasarkan bidang kerja masing-masing dari setiap P4TK. Meskipun pada kenyataannya, banyak bidang lain selain otomotif dan elektronika yang sudah ada dan berkembang di dalam instansi ini sebelum diberi nama P4TK.
Sebelumnya orang lebih mengenal PPPPTK/VEDC ini dengan nama PPPGT (Pusat Pengembangan dan Penataran Guru Teknologi). Dan sampai sekarang, masyarakat sekitar malang dan seluruh Indonesia lebih mengenal nama PPPPTK dengan nama VEDC. Kenapa nama VEDC tidak dihapus dan digantikan sepenuhnya dengan PPPPTK. Karena memang VEDC sudah dikenal secara luas dan sudah mempunyai NAMA BESAR di mata masyarakat. VEDC singkatan dari Vocational Education Development Center. Disini orang bisa mengikuti pelatihan-pelatihan teknologi seperti elektronika, otomotif, bangunan, informatika, perhotelan dan lainnya. Peserta dari pelatihan ini kebanyakan dari guru-guru. Karena memang fungsi dari instansi ini adalah meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan, meskipun ada banyak peserta yang berasal dari industri. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya peserta dari industri, mereka kebanyakan sudah berpengalaman di bidangnya, yang tentunya banyak permasalahan yang ada dan sudah mereka lalui, meskipun ada yang sudah terselesaikan maupun belum. Dan kebanyakan mereka membawa masalah tersebut di pelatihan ini. Sehingga hal ini yang semakin lama semakin banyak, menjadi masukan bagi kita sebagai pengajar untuk menjadikan permasalahan lapangan menjadi bahan untuk menambah wacana terhadap dunia industri. Karena memang instansi disini menekankan pendidikan, pengajaran dan pelatihan yang mempunyai hubungan erat dengan dunia industri.
Sejak 2005, aku diberi tanggung jawab untuk mengembangkan pendidikan di bidang Autrotonic (Teknik Ototronik). Bidang yang masih baru di Indonesia ini. Istilah ini baru muncul dan tren di indonesia dalam beberapa tahun yang lalu, meskipun sudah banyak negara-negara maju yang sudah memakai istilah Autotronic. Dan di indonesia sendiri sebenarnya sudah ada orang yang menggeluti bidang ini meskipun masih belum menggunakan istilah Ototronik. Bidang Ototronik merupakan gabungan antara otomotif dan elektronika, atau elektronika-nya otomotif. Sudah kita pahami bahwa teknologi elektronika berkembang dengan sangat cepat dewasa ini.
Penerepan teknologi elektronika khususnya mikro komputer banyak sekali diterapkan di banyak bidang lain tidak hanya di otomotif tetapi juga di semua bidang engineering (keteknikan) seperti halnya di bidang luar angkasa, industri, rumah tangga, maupun pertahanan keamanan (militer). Di otomotif, mempelajari teknologi elektronika (ototronik) sebagai salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh bangsa ini, terutama yang memang bergelut di bidang elektronika-nya otomotif, baik di engine, chasis, comfort and safety. Engine, ABS (Antilock Brake System) hanya bisa bekerja dengan baik jika ada unit elektronika yang ter-komputerisasi untuk mengatur sistem kerjanya. Sistem Air Bag bekerja secara otomatis apabila terjadi kecelakaan.
Konsep kontrol elektronika di bidang otomotif bukanlah sesuatu yang tidak bisa dipelajari. Pemahaman yang benar tentang konsep ini dalam aplikasi di kendaraan merupakan hal yang wajib dimiliki untuk bisa memahami kendaraan secara utuh, salah satu manfaatnya adalah untuk mendiagnosis kerusakan yang terjadi dan bahkan untuk dasar merancang dan membuat sistem baru yang inovatif di bidang elektronika-nya otomotif (ototronik/autotronic). Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak bergantung dengan negara lain. Indonesia adalah negara besar dengan bibit-bibit generasi muda yang tangguh dan siap berdiri menjadi garda terdepan demi kemajuan BANGSA INDONESIA. Jangan sampai kita semakin tertinggal disegala bidang dibandingkan negara lain, terutama di bidang Ototronik ini. AMIN...
Penerepan teknologi elektronika khususnya mikro komputer banyak sekali diterapkan di banyak bidang lain tidak hanya di otomotif tetapi juga di semua bidang engineering (keteknikan) seperti halnya di bidang luar angkasa, industri, rumah tangga, maupun pertahanan keamanan (militer). Di otomotif, mempelajari teknologi elektronika (ototronik) sebagai salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh bangsa ini, terutama yang memang bergelut di bidang elektronika-nya otomotif, baik di engine, chasis, comfort and safety. Engine, ABS (Antilock Brake System) hanya bisa bekerja dengan baik jika ada unit elektronika yang ter-komputerisasi untuk mengatur sistem kerjanya. Sistem Air Bag bekerja secara otomatis apabila terjadi kecelakaan.
Konsep kontrol elektronika di bidang otomotif bukanlah sesuatu yang tidak bisa dipelajari. Pemahaman yang benar tentang konsep ini dalam aplikasi di kendaraan merupakan hal yang wajib dimiliki untuk bisa memahami kendaraan secara utuh, salah satu manfaatnya adalah untuk mendiagnosis kerusakan yang terjadi dan bahkan untuk dasar merancang dan membuat sistem baru yang inovatif di bidang elektronika-nya otomotif (ototronik/autotronic). Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak bergantung dengan negara lain. Indonesia adalah negara besar dengan bibit-bibit generasi muda yang tangguh dan siap berdiri menjadi garda terdepan demi kemajuan BANGSA INDONESIA. Jangan sampai kita semakin tertinggal disegala bidang dibandingkan negara lain, terutama di bidang Ototronik ini. AMIN...
Hal inilah yang menjadi alasan saya untuk membuat blog. Semoga blog ini bisa dipakai untuk sharing bagi kita semua untuk meningkatkan kompetensi bangsa kita di bidang elektronika-nya otomotif (ototronik), meskipun nantinya tidak hanya bidang otomotif saja yang akan saya masukkan ke blog ini. Melainkan project-project yang pernah saya buat dan mungkin ada kaitannya dengan ototronik akan saya upload juga di blog ini.
Akhirnya SEMOGA blog ini bisa memberi manfaat bagi kita semua, terutama bagi kemajuan BANGSA INDONESIA.... AMIN...
Malang, .... Maret 2010
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Nama : Trigas Badmianto
Alamat : Asrikaton Indah H9/8 Pakis, Malang
HP/WA : +628563154194
E-Mail : tbadmianto@gmail.com
Akhirnya SEMOGA blog ini bisa memberi manfaat bagi kita semua, terutama bagi kemajuan BANGSA INDONESIA.... AMIN...
Malang, .... Maret 2010
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Nama : Trigas Badmianto
Alamat : Asrikaton Indah H9/8 Pakis, Malang
HP/WA : +628563154194
E-Mail : tbadmianto@gmail.com